Rabu, 14 September 2011

Tugas Konsep e-Bussines

Nim/Nama : 09410110017/Dony Haribowo
Dosen        : Tan Amelia
Tugas         : 111 – eBiss Kelas P1 – M1


RAKUTEN INDONESIA


     Rakuten Indonesia, atau dengan nama resmi Rakuten Belanja Online (RBO) yang merupakan joint venture antara Rakuten Jepang dan MNC Group. RBO telah menjaring begitu banyak merchant di berbagai sektor. RBO mensyaratkan suatu pembayaran bulanan (dengan komitmen satu tahun pertama) untuk bisa listing di dalamnya. Satu-satunya hal yang cukup memberatkan adalah iuran bulanan di muka dengan skema tertentu, plus komitmen untuk satu tahun pertama. Selain itu RBO juga mendapatkan sekian persen (tidak besar) untuk setiap produk yang terjual. bahwa memanfaatkan sistem pembayaran Doku pun (sebagai partner RBO untuk escrow account), terutama untuk kartu kredit, pihak merchant masih terkena potongan fee lagi. Setelah pertimbangan yang matang, akhirnya pihak kami mencoba peruntungan untuk listing di RBO. sudah melihat sejumlah toko ternama yang juga melayani pembelian online melalui RBO ini. Padahal, ketimbang yang lain, RBO mensyaratkan suatu pembayaran bulanan (dengan komitmen satu tahun pertama) untuk bisa listing

      RBO memiliki pengalaman yang baik di bidang e-commerce sebagai yang terbaik di Jepang dan sudah merambah ke sejumlah negara lain. Saya berpendapat bahwa RBO akan memiliki penawaran yang kompetitif untuk bersaing dengan portal e-commerce yang sudah ada sebelumnya, macam Juale, Tokopedia, TokoBagus ataupun Plasa.

      Secara umum mungkin benefit yang ada tidak jauh berbeda dengan penyedia layanan serupa lainnya. Perbedaan pertama terletak pada kemampuan kustomisasi tampilan lapak sehingga dapat dipersonalisasi sesuai dengan keinginan dan ciri toko/perusahaan. Perbedaan kedua adalah karena RBO merupakan perusahaan internasional, akan ada kesempatan buat kita untuk menjual produk yang kita miliki ke mancanegara. Perbedaan ketiga dan yang paling esensial adalah sistem backend Rakuten yang diadopsi dari Jepang. Sistem terintegrasi ini memudahkan kita untuk mengkostumisasi tampilan, daftar barang, daftar pemesanan, pembayaran dan tracking pengiriman.

     pegawai RBO sangatlah membantu dan informatif. Setiap kesulitan yang dialami merchantselalu mendapatkan perhatian serius. Dari awal pembuatan laman di RBO, sistem RBO yang cukup rumit membuat saya kesulitan untuk mengkostumisasi tampilannya. Ternyata pihak RBO sangat tanggap untuk membantu.

       Meskipun harus diakui bahwa tampilan depan RBO tidaklah seciamik tampilan portal e-commerce lain yang lebih dinamis, RBO memberikan kesempatan kepada setiap merchant untuk memberikan sentuhan personal bagi lamannya dan memperlakukannya layaknya situs utamanya sendiri.

        ada kekurangan dari layanan RBO ini? Tentu masih ada. Permasalahan berkaitan dengan janji awal untuk pengiriman, karena yang seharusnya diambil langsung oleh pihak JNE sebagai partner, sampai sekarang masih dilakukan sendiri oleh pemilik merchant. Secara finansial, transaksi yang saya peroleh dari RBO memang belum mencapai target, tapi dengan effort yang sudah dilakukan oleh RBO selama ini saya optimis akan ada peningkatan ke depannya. Semoga RBO bisa menjadi partner dan pesaing sehat bagi pelaku bisnis serupa untuk pengembangan dan pematangan ekosistem bisnis e-commerce di Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar